Ramadhan Insight Facebook Indonesia 2016

Ramadhan adalah “Big Moment”  bagi para marketer di Indonesia, karena ini merupakan sebuah event tahunan yang diikuti oleh mayoritas penduduk Indonesia. Ramadhan adalah moment yang tepat untuk meningkatkan unsur komunikasi yang bertema keluarga dan agama..

Dan seperti tahun lalu Facebook merilis statistik dan laporan yang berisi kebiasaan orang Indonesia di momen Ramadhan, dan ada beberapa insight  yang menarik, seperti:

1. Mobile First

Source: “Connected Life” study, TNS, November 2015

 

Dari 3.5 Jam rata-rata orang Indonesia beraktifitas di Internet, 71% nya digunakan di Mobile yang berarti 2.5 jam dihabiskan melalui mobile. Akan lebih baik jika strategi marketing Anda di Facebook ada beberapa konten khusus untuk pengguna mobile.

Source: Facebook internal data, Q4 2015

 

Jika kita bicara data maka Facebook adalah platform yang tepat karena menurut Facebook Internal Data, di Indonesia dari 82 Juta Monthly Active User ada 77 Juta yang aktif melalui mobile dan dari 43 juta Daily Active User ada 42 juta user yang beraktifitas melalui mobile.

Source: Facebook internal data, 17 June to 17 July 2015 (accessed Feb 2016)

Dan  tentang konten dibandingkan dengan dekstop aktifitas mobile lebih tinggi 9.4X dan 9.8X lebih banyak konten dibagikan oleh generasi millenial (generasi yang lahir sekitar tahun 1981 sampai 1997)

2. Instagram Segment

Sources: *Instagram Internal Data, November 2015

Ya, tipe millenial adalah narsis dan ingin selalu orang tahu bahwa ia masih eksis maka dari itu media Instagram tetap ramai dan 150 photo terupdate tiap bulan oleh rata-rata indonesia smartphone user.

 

Source: Facebook internal data, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Dan tentunya active user meningkat karena adanya banyak kegiatan serta percakapan bisa meningkat karena banyakan kesamaan hal yang terupdate di beranda masing-masing user.

3.  Ramadhan Peak Time

Source: Facebook internal data, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Saat Ramadhan pastinya adanya perubahan aktifitas dan pada saat Sahur telrihat adanya peningkatan 40% aktifitas dan dan 139% juga terjadi sekitar jam 4 dan 5 pagi dan pada jam 10 malam setelah pulang tarawih juga demikian.

The Gap Between Content creation and ability to consume content will continue to widen

Nah karena banyaknya user yang aktif disini ada perbedaan yang semakin merenggang antara banyaknya konten yang dibuat dengan kemampuan para user untuk menikmati konten tersebut dan menjadikan banyak konten organik tidak semuanya terlihat oleh user yang dituju .

 

The Season of family

Silahturahmi adalah keypoint dari Ramadhan, banyak keluarga yang sebelumnya tak pernah berhubungan menjadi saling berkomunikasi, buatlah sebuah campaign yang menyasar momen keluarga, karena  pembicaraan terhangat di Ramadhan adalah keluarga, homecare dan juga cooking topics

familiy first conversations

Dan percakapan berdasarkan topik-topik diatas ternyata paling tinggi terjadi saat awal dan akhir Ramadhan, jadi jangan sampai kehilangan moment di waktu tersebut.

 

Source: Facebook internal data, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

4. Demography Insight

Dan insight selanjutnya ternyata wanita muda yang paling aktif membicarakan tentang keluarga dan agama di Facebook, dan lebih dari 55% yang membahas tentang homecare dan kategori cooking didominasi oleh pria kisaran 29 tahun, jadi tidak hanya wanita saja tapi pria juga akan mempersiapkan kebutuhan saat Ramadhan

Source: Facebook internal data, 17 June to 17 July 2015 (accessed Feb 2016)

Source: Facebook internal data, 17 June to 17 July 2015 (accessed Feb 2016)

 

Selanjutnya sebagai pria hal ini tepat sekali, kebanyakan pria memang sering mendiskusikan apa yang mereka tonton di TV melalui sosial media, jadi untuk media televisi harap perhatikan konten untuk pria.

Source: Facebook internal data, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Source: Facebook internal data, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Selain itu insight lainnya yang memang Indonesia banget adalah multi-screen, jangankan hanya menggunakan handphone saat menonton TV, bahkan saat makan tangan kanan sendok dan tangan kiri bisa saja sedang menggunakan Facebook .

Source: “The Four C’s of Mobile Advertising”, Epinion and Omnicom Media Group, Sept 21, 2015

5. TV Reach & Facebook

 

an oportunity to extend reach past tv

untuk bagian ini dibutuhkan pemahaman khusus tentang materi dasarnya yaitu Understanding cross-platform reach across TV and Facebook tentang bagaimana menjangkau light TV Viewers dan saat ramadhan Facebook reach meningkat dari 3% menjadi 8% .

Shopping For friend & loved one

Source: Facebook internal data, Indonesia and Malaysia, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Ramadhan adalah bulan rezeki bagi setiap orang dan terutama para pebisnis yang meraup keuntungunan dari besdasrnya demand customer yang membutuhkan segala hal untuk persiapan hari raya. dan ini terbukti dari meningkatnya daya beli bagi mayoritas orang indonesia, tidak hanya offline tapi online pun demikian.

Source: Facebook internal data, Indonesia and Malaysia, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Ini merupakan insight yang penting jangan sampai Anda telat pada periode ini, 2 minggu di awal adalah moment  yang penting berdasarkan data Facebook Tahun lalu khusus Indonesia dan Malaysia.  Dan puncaknya ada di di pertengahan Ramadhan yang tepat pada tanggal 1 july pada tahun yang lalu yang berarti adalah hari-hari adanya pemasukan bagi setiap individu yang memiliki pekerjaan kantoran.

Source: Facebook internal data, Indonesia and Malaysia, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Source: Facebook internal data, Indonesia and Malaysia, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Setelah Idul Fitri ternyata masih ada kenaikkan kembali dalam waktu 2 minggu, yang berarti campaign setelah idul fitri mungkin di 5 hari awal bisa di stop terlebih dahulu dan lanjutkan dihari berikutnya hingga hari ke 14.

Source: Facebook internal data, Indonesia and Malaysia, 1 June to 31 July 2015 (accessed Feb 2016)

Eccomerce menjadi rajanya disini, berbagai perlengkapan Ramadhan adalah kuncinya, dan Travel juga meningkat drastis karena fenomena mudik dan terakhir adalah Financial Services juga ada di top 3 teratas selama Ramadhan.

Top Topics of discussion

Usia semakin dewasa yang berarti menentukan keputusan untuk Traveling, atau pembelian tiket liburan / mudik dan pria usia 29 tahun juga berperan penting dalam pembahasan tentang Cooking dan juga Homecare , dan ibu-ibu usia 29 tahun banyak membahas tentang GIFT , hadiah untuk orang-orang terdekat atau sanak family dan di umur 28 tahun bagi pria juga sering mendiskusikan tentang Fashion.

How To Take Acttion

 

How To Take Action ?

 

setelah mengetahui berbagai macam insight diatas lalu apa yang akan Anda lakukan selanjutnya ? biarkan data menjadi data atau berusaha mempelajari dan memanfaatkan berbagai informasi diatas untuk kepentingan bisnis Anda ?

5 Hal Penting yang harus Anda catat adalah

  1. Mulai Campaign lebih awal
  2.  Perhatikan Insight Baru tentang perilaku khusus saat bulan Ramadhan
  3.  Target utama adalah orang tua khususnya para ibunda yang memiliki pengaruh besar terhadap daya beli pada Ramadhan ( penentu keputusan)
  4.  Last Minute Shoppers, ya kebiasaan orang Indonesia memang belanja h-3 bisa terlihat banyaknya pusat perbelanjaan yang penuh.
  5.  Jangan lupakan moment setelah Idul Fitri karena terjadi juga peningkatan pembelian setelah moment tersebut.

 

DOWNLOAD SLIDE

Dan Jika Anda ingin mendownload seluruh SLIDE FULL tentang Insight Ramadhan 2016 silahkan klik tombol Share dibawah ini dan link download akan muncul .

 

[sociallocker]Silahkan download di link ini : https://www.wetransfer.com/downloads/b6a1635f37217118b76e17f65739250620160406151843/1dc330[/sociallocker]

 

One reply on “Ramadhan Insight Facebook Indonesia 2016

Leave a Reply