FBME : The New 20% Text On Facebook Ads

Bagi para Advertiser Facebook Ads mungkin sudah mengenal  tentang aturan penggunaan maksimal 20% text dalam gambar, yang dimaksudkan adalah : Text hanya dizinikan memiliki proporsional 20% dari seluruh bidang gambar.

Contohnya pada Ads 1 ini :

ruang guru ads

 

Dalam Ads tersebut terdapat text yang menekankan konten visualnya, namun penggunaan text tersebut sudah dipastikan melalui aplikasi GRID TOOL dari Facebook.

 

Contohnya seperti ini :

ruang guru ads 20

 

Untuk Apa Fungsi Aturan 20% Text?

Facebook sangat mengutamakan kenyamanan user dalam melakukan berbagai amcam aktivitas di Facebook, dan dalam media visual memang cukup mengganggu dan tidak enak dilihat jika pada gambar juga terlalu banyak text.

Akan lebih tepat jika menggunakan gambar yang “Clear” atau terlihat dengan jelas serta deskripsi text ada pada tempatnya yaitu kolom text .

Di gambar diatas jika diperhatikan Say juga menyeleksi logo “Ruang Guru” karena meskipun itu sebuah logo namun tetap terbaca oleh Facebook adalah sebuah text, kecuali memang logo tersebut ada pada kemasan atau tertempel langsung pada media tertentu.

Contoh bisa di cek disini
Born To Fly iamge ads

Pada gambar di atas, logo juga termasuk dalam text,  kecuali memang tertempel pada produk seperti gambar dibawah ini

Red Bull Image

 

Q & A Section :

Q: Tapi Saya Pernah Lihat Kok, Ada Iklan yang full text bisa lolos?

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi dalam munculnya iklan yang bisa lolos meskipun didalam gambar tersebut terdapat banyak text, bahkan sayapun sempat menemukannya dan saya capture disini:

lolos

Sebuah poster full text yang lolos beriklan

Ini bisa dibilang salah satu loophole dalam aturan 20% Text, terkadang memang jika penggunaan font tidak lumrah bisa lolos ataupun text poster seperti ini yang seakan memang text tersebut menempel pada produk, Facebook merupakan sebuah sistem dengan teknologi otomatis yang juga bisa salah mengidentifikasi.

Jadi ini bisa dibilang hanya kebetulan saja, jika Anda mencoba mengiklankan dengan gambar yang sama belum tentu diterima dan bisa saja iklan Anda ditolak di Facebook.

Namun jangan coba-coba untuk “mengakali” hal seperti ini, karena percuma lebih besar potensi terkena Ads Manager Error daripada lolos, lagipula akan lebih baik jika menuruti aturan yang telah Facebook buat daripada mencari cara untuk mengakali hal seperti ini .

Q: Kok Facebook Bisa Tahu di Gambar Tersebut banyak Text ?

Sedikit hal yang saya tahu mengenai sistem pemetaan pixel dalam gambar adalah Facebook mencari kesamaan pixel ditiap gambar untuk menentukan apakah gambar tersebut memiliki banyak text atau tidak.  Jangankan gambar bahkan wajahpun bisa ia ketahui, mungkin Anda pernah mendapatkan fitur autotag keteman Anda saat Anda mengupload sebuah foto yang berisi wajah kalian dan ternyata Facebook tahu itu wajah milik siapa ?

Sangat miris ketika masih ada orang yang beranggapan hal ini karena IP Adress atau akses internet, seperti yang saya Capture dibawah ini,

pertanyaan tentang mengapa iklan tersebut bisa lolos

Seseorang bertanya kenapa hal ini bisa terjadi, namun seseorang dengan pengetahuannya memberikan komentar seperti dibawah ini :

pernyataan yang salah mengenai aturan facebook ads

pernyataan yang salah mengenai aturan facebook ads 2

Entah darimana teorinya, researchnya atau pengetahuannya tentang bagaimana korelasinya antara akses internet, komputer dan menaklukan otak programmer seperti itu, bahkan ia berani menjamin jika komputer dan internet sering “trial error” di jamin kena ?

pada komentar tersebut untunglah ada yang menjawab sesuai dengan Ads Guidelines Facebook, namun sayangnya orang tersebut masih memiliki pendirian bahwa apa yang dikatakannya benar dan mengatakan bahwa ia memiliki persentase serta data para pengguna Facebook Ads dari luar jawa aman-aman saja dan ia berkata di Eropa Timur pun demikian 😀

Apakah yang ia katakan benar? apakah Anda yakin Facebook Sebodoh  itu? apakah ia memang memiliki data hasil riset tentang caranya tersebut ?

 

Jika diperbolehkan saya ingin membahas satu hal lagi tentang bagaimana cara Facebook membaca data. Baru-baru ini juga Facebook meluncurkan suatu teknologi terbaru yang dapat membantu para Tuna Netra menggukan Facebook .

Anda bisa menonton videonya disini :

We just launched a tool that uses artificial intelligence to help people who are blind experience photos on…

Posted by Mark Zuckerberg on Tuesday, April 5, 2016

 

Dijelaskan bahwa dengan AI techonology hal ini memungkinkan mendeskripsikan gambar! jika didalam gambar tersebut terdapat 2 orang sedang tersenyum Facebook pun mampu mendeksripsikannya dengan jelas seperti ada air, senyum dan lain halnya sesuai database mereka.

AI Text for blind people

Hal yang digunakan Facebook adalah Data Science + AI + HCI, Data Science dari pengetahuan serta kepemilikan data berupa kumpulan gambar yang dapat diteliti paternnya lalu Artificial Inteligence dan juga Human Computer Interaction yaitu bisa dibilang sekumpulan aktifitas antara Anda dan komputer jika Anda sedang melakukan interaksi atau perintah pada komputer dan sistem komputer menerima perintah maka hal itupun menjadi data . Contohnya saat Anda membantu Tag teman Anda pada foto yang Anda upload.

Penjelasan lengkap tentang penelitiannya bisa di cek disini
https://research.facebook.com/publications/how-blind-people-interact-with-visual-content-on-social-networking-services/

 

Jadi kembali lagi ke bahasan awal aturan Facebook tentang 20% text sebaiknya kita jalankan, jangan habiskan waktu untuk mencari celah aturan ini, memang ada yang mengatakan banyak cara seperti dibuat photo album, iklan tanpa melalui ads manager dan hanya boost post dan sebagainya.

Saya sendiripun pernah mengalaminya ketika salah memilih post yang akan diiklankan, dan post tersebut berisi cukup banyak text. Awalnya malah di approve namun keesokkannya ketika Saya sadar. iklan tersebut sudah ditolak . Adalagi kejadian ketika gambar yang tanpa text malah dianggap memiliki banyak text dan ditolak iklannya.

Namun jika Anda merasa benar saat iklan ditolak pasti selalu ada link untuk menghubungi bagian support Facebook dan bisa Anda jelaskan kalo Anda tidak salah dan ini adalah kesalahan sistem Facebook.

 

Q : Tapi karena satu dan lain hal Saya tidak dapat mengedit gambar yang saya posting yang memiliki banyak text, apakah ada solusinya?

Facebook nantinya akan melakukan Update pada peraturan 20% Text ini yang nantinya akan merubah aturan dari yang tidak boleh menggunakan text lebih dari 20% menjadi diperbolehkan namun tetap bersyarat.

yaitu dengan 4 indikator yaitu

  • Image text: OK–  iklan Anda memiliki sedikit atau tidak ada text . Ini merupakan hal yang disarankan oleh Facebook
  • Image text: Low– Iklan Anda mungkin akan menjangkau lebih sedikit orang
  • Image text: Medium– Iklan Anda jangkauannya akan terbatas
  • Image text: High– Iklan Anda mungkin tidak dapat mengjankau Audience yang Anda targetkan jika menggunakan gambar dengan banyak text.

peraturan baru tentang 20 percent text

 

Ingin membaca lebih detail tentang peraturan terbaru dari Facebook tentang 20% Text ?

Silahkan Anda bisa cek disini : New 20% Text Rule . link tersebut resmi dari Facebook Help .

 

Link Tidak Dapat Terbuka ?

JIka link diatas tidak dapat Anda akses atau kosong, memang tidak semua akun saat ini sudah update dan dapat melihat hal tersebut namun berikut ini adalah screenshoot dari halaman Help Tersebut.

Sumber Kaitlyn, From SearchInfluence

Sumber Kaitlyn, From SearchInfluence

 

Merasa Artikel Saya Bermanfaat ?

Terima Kasih dan Silahkan Share dengan menggunakan tombol dibawah ini agar Anda dapat memberikan manfaat kepada banyak orang lain lagi.

9 replies on “FBME : The New 20% Text On Facebook Ads

Leave a Reply